Kamis, 16 Maret 2017

Penyakit Kulit Gatal: Gejala Dan Penyebabnya

Penyakit Kulit Gatal: Gejala Dan Penyebabnya - Gatal di kulit tidak selalu menandakan adanya suatu penyakit kulit, gatal bisa saja ditimbulkan oleh beberapa benda dan tanaman dll yang terkontak lansung ke kulit.
Penyakit Kulit Gatal: Gejala Dan Penyebabnya
Penyakit Kulit Gatal

Penyakit Kulit Gatal

Penyakit Kulit Gatal umumnya tidak berbahaya namun dapat mengurangi kepercayaan diri penderitanya. Penyebab gatal yang sederhana contohnya ketika kulit kita digigit nyamuk maka akan terasa gatal, mungkin gatal yang ditimbulkannya hanya sebentar dan tidak parah. 

Penyebab gatal karena penyakit serius misalnya karena gangguan fungsi hati yang membuat peningkatan kadar bilirubin darah yang menyebar ke kulit sehingga terlihat kulit berwarna kuning dan terasa gatal.

Penyebab kulit gatal bisa akibat dari ruam lokal atau kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis atau dermatitis. Atau penyebab gatal pada kulit merupakan akibat dari penyakit dalam (sistemik), seperti penyakit hati atau gagal ginjal. Penyebab lokal menimbulkan gatal hanya pada kulit yang terkena sedangkan penyebab sistemik menimbulkan gatal pada kulit seluruh tubuh.

Penyakit Kulit Gatal Menurut Gejalanya

- Gatal
- Kulit Berwarna Kemerahan
- Muncul Ruam Dan Bintik-Bintik Merah Kecil
- Terkadang Sampai Menimbulkan Demam, DSB…

Penyakit Kulit Gatal Berdasarkan Penyebabnya

Kulit Kering
biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti cuaca panas atau dingin dengan tingkat kelembaban yang rendah. 

Penyakit Kulit
seperti : eksim (dermatitis), psoriasis, kudis, kutu, cacar air, panu, Kulit jamuran, biduran, dsb. 

Penyakit Dalam
seperti : penyakit hati, malabsorpsi gandum (penyakit celiac), gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid dan kanker, termasuk leukemia dan limfoma. 

Gangguan Syaraf 
Kondisi yang mempengaruhi sistem syaraf, seperti multiple sclerosis, diabetes mellitus, saraf terjepit dan herpes zoster. 

Iritasi Dan Reaksi Alergi
Wol, bahan kimia, sabun dan zat lainnya dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan rasa gatal. Kadang-kadang zat tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti alergi kosmetik dan alergi makanan. 

Obat
Reaksi terhadap obat-obatan, seperti antibiotik, obat antijamur atau obat nyeri narkotika, dapat menyebabkan ruam dan gatal-gatal yang luas. Terkenal dengan istilah drug erruption dan alergi obat. 

Kehamilan
Beberapa wanita mengalami kulit gatal selama kehamilan, terutama pada bagian perut, paha, payudara dan lengan. Apabila sebelum hamil seorang wanita meiliki penyakit kulit seperti eksim (dermatitis), maka kondisinya dapat memburuk selama kehamilan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit kulit gatal, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengobati penyakit kulit yang aman dan ampuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar